Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Kemunculan Jepang dan Jerman sebagai negara industri

Kemunculan Jepang dan Jerman sebagai negara industri 

Sejalan dengan upaya Amerika Serikat untuk mendapatkan pengaruh maka bekas lawan politiknya yaitu Jerman diberikan modal untuk mengembangkan kembali industrinya yang telah hancur akibat Perang Dunia II. Hal ini juga dilandasi oleh rasa kekhawatiran bahwa negara-negara yang kalah perang dan mengalami kesulitan ekonomi akan berpaling ke Uni Soviet yang berhaluan sosialis-komunis.

Adapun negara-negara baru di Asia seperti Korea Selatan, Hongkong (sekarang bagian dari RRC), Taiwan (Cina juga menganggap sebagai bagian provinsinya yang membangkang), dan Singapura berusaha memperbaiki keadaan ekonominya dengan menganut sistem liberal (pasar bebas).

Negara-negara tersebut sekarang tampil sebagai negara industri baru. Negara di Asia yang terlebih dahulu berkembang menjadi negara industri terkemuka adalah negara Jepang. Bangsa Jepang mulai berkembang menjadi bangsa yang maju dalam ilmu pengetahuan dan teknologi setelah terjadi peristiwa Restorasi Meiji.

Peradaban Barat yang pada saat itu lebih unggul dibandingkan peradaban bangsa Jepang dijadikan model untuk mengejar ketertinggalannya. Banyak pemuda Jepang yang dikirim ke negara-negara Barat untuk menimba ilmu pengetahuan dan teknologi.

Gambar Industri

Iindustri di jepang dan jerman

Sekembali dari negara-negara Barat, mereka diharapkan mampu melakukan alih teknologi pada bangsa Jepang. Bidang pendidikan mereka meniru pendidikan model Barat. Namun yang paling patut dihargai Jepang tetap berpegang teguh pada tradisi dan kebudayaan sendiri. 

Dengan demikian mereka berteknologi Barat, tetapi tetap berjiwa Jepang, suatu perpaduan yang unik dan menarik. Tampaknya pertarungan sengit dalam memperluas pengaruh antara blok kapitalis dengan sistem ekonomi liberal dan blok komunis dengan sistem ekonomi sosialis menguntungkan blok kapitalis.

Sistem liberal makin mendunia karena ditunjang oleh berkembangnya arus globalisasi dalam berbagai perusahaan multinasional, perkembangannya arus globalisasi dalam berbagai perusahaan multinasional, perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, serta munculnya organisasi kerja sama ekonomi regional.

Baca juga selanjutnya di bawah ini :

Post a Comment for "Kemunculan Jepang dan Jerman sebagai negara industri"