Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Perumusan teks dan proklamasi kemerdekaan Indonesia

Perumusan teks dan proklamasi kemerdekaan Indonesia

a. Perumusan Teks Proklamasi Kemerdekaan Indonesia.

Atas kontak baik antara Ahmad Subarjo dengan Laksamana Tadashi Maeda (Kepala Perwakilan Angkatan Laut Jepang di Jakarta) yang sangat simpati terhadap perjuangan bangsa Indonesia maka Laksamana Maeda memperbolehkan tempat kediamannya di Jl. Imam Bonjol NO.1 Jakarta Pusat (Sekarang Perpustakaan Nasional, Depdiknas) untuk menyelenggarakan rapat perumusan teks proklamasi dengan memberikan jaminan keamanan terhadap kemungkinan serangan angkatan darat Jepang. 

Di tempat inilah Naskah Proklamasi Kemerdekaan Indonesia disusun. Menjelang pagi tanggal 17-8-1945 teks proklamasi berhasil dirumuskan oleh Ir. Soekarno, Drs. Moh. Hatta, dan Mr. Ahmad Subarjo yang disaksikan oleh Sukarni, Sayuti Melik, BM. Diah, dan Sudiro.

Perumusan teks dan proklamasi kemerdekaan Indonesia

Naskah yang ditulis tangan oleh Ir. Soekarno dibacakan dihadapan peserta rapat diruang depan dan teks tersebut kemudian diketik oleh Sayuti Melik dengan beberapa perubahan yang kemudian ditanda tangani oleh Soekarno-Hatta atas nama bangsa Indonesia.

b. Proklamasi Kemerdekaan Indonesia.

Pada hari jum'at tanggal 17 Agustus 1945, dijalan Pegangsaan Timur No. 56 Jakarta diadakan persiapan untuk Proklamasi Kemerdekaan Indonesia. Para pemuda Indonesia yang tergabung dalam barisan pelopor telah hadir untuk memenuhi undangan sekaligus siap siaga apabila kemungkinan ada serangan dari pihak Jepang.

Kurang lebih pukul 10.00 WIB Drs. Moh. Hatta datang kerumah Ir. Soekarno keduanya kemudian keluar menuju ruang depan dengan langkah tegap dan tegas didepan pengeras suara membacakan teks proklamasi kemerdekaan Indonesia atas nama bangsa Indonesia.

Setelah membaca naskah proklamasi acara dilanjutkan dengan mengibarkan bendera merah putih dan bendera tersebut adalah hasil jahitan Ibu Fatmawati Soekarno. Pengibar bendera saat itu adalah Suhud dan Latif Hendraningrat dengan disaksikan oleh segenap hadirin dan diakhiri dengan menyanyikan lagu kebangsaan ''Indonesia Raya'' ciptaan WR. Soeparman.

Baca juga selanjutnya di bawah ini :

Post a Comment for "Perumusan teks dan proklamasi kemerdekaan Indonesia"