Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Latar belakang APEC dibentuk Desember 1989

Latar belakang APEC dibentuk Desember 1989 

APEC merupakan forum kerja sama ekonomi negara-negara di kawasan Asia dan Pasifik. APEC terbentuk pada bulan Desember 1989 di Canberra, Australia. Gagasan APEC muncul dari Robert Hawke, Perdana Menteri Australia saat itu.

Latar belakang terbentuknya APEC adalah perkembangan situasi politik dan ekonomi dunia pada waktu itu yang berubah dengan cepat. Hal ini diikuti dengan kekhawatiran gagalnya perundingan Putaran Uruguay (masalah perdagangan bebas).

APEC

Apabila perdagangan bebas gagal disepakati diduga akan memicu sikap proteksi dari negara-negara maju. Indonesia sebagai anggota APEC, mempunyai peranan yang cukup penting. Dalam pertemuan di Seattle, Amerika Serikat 1993, Indonesia ditunjuk sebagai Ketua APEC untuk periode 1994-1995.

Sebagai Ketua APEC, Indonesia berhasil menyelenggarakan pertemuan APEC di Bogor pada tanggal 14-15 November 1994 yang dihadiri oleh 18 kepala negara dan kepala pemerintahan negara anggota. Sidang APEC di Tokyo tahun 1995, memutuskan bahwa era perdagangan bebas akan mulai diberlakukan tahun 2003 bagi negara maju dan 2010 bagi negara berkembang.

Baca juga selanjutnya di bawah ini :

Post a Comment for "Latar belakang APEC dibentuk Desember 1989"