Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pemimpin Irland, Michael Davit

Pemimpin Irland, Michael Davit 

Sekalipun keuntungan, maupun pembujukan, maupun aturan-hukum yang manfaat bagaimanapun juga, tidak akanlah bisa memuaskan hatinya rakyat Ier, jika kalau rakyat itu tidak berhak menjalankan pemerintahan sendiri, ya jika kalau kita membaca bahwa seorang pemimpin Ierland yang lain, Erskine Childers, meolak tingkat free-state dan menuntut kemerdekaan yang sepenuh-penuhnya dengan perkataan.

Kemerdekaan bukanlah soal tawar-menawar, kemerdekaan adalah sebagai maut dia ada atau dia tidak ada. Kalau orang membikin pengurangan ini dan itu, itu bukanlah lagi bernama merdeka, tidakkah itu dalam  hakekatnya suatu pembenaran pula dari kitapunya pendirian itu ? Tetapi, perhatikanlah perkataan-perkataan Jozef Mazzini, Bapa rakyat Itali, yang lebih terang lagi.

Menyusunkan ini tanah air malahan adalah suatu keharusan. Daya-daya dan upaya-upaya yang kami bicarakan tadi itu, hanyalah bisa diusahakan bila tanah air kita adalah tanah air yang bersatu dan yang merdeka. Pembaikannya kamu punya pergaulan hidup hanyalah bisa terjadi kalau kamu telah ikut campur gaul dalam perikehidupannya semua bangsa.

Janganlah mengira bahwa kamu akan bisa memperbaiki keadaan kerezekianmu itu, kalau soal nasional belum kamu selesaikan, kamupunya usaha tentu akan tersia-sia belaka dan perhatikan pula perkataan-perkataan Sister Nivedita, yang mengutamakan kemerdekaan nasional itu buat suburnya hidup kebatinan dan hidup seni.

Baca juga selanjutnya di bawah ini :


Post a Comment for "Pemimpin Irland, Michael Davit"