Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Poci Kuno Kraton Kasunanan Surakarta (SOLO)

Poci Kuno Kraton Kasunanan Surakarta (SOLO) 

Selamat datang saudara-saudara .........Saya akan bercerita tentang pernak-pernik peninggalan sejarah di keraton Kasunan Surakarta, kota bengawan solo yang dikenal dengan sopan santunnya penduduk di sekitar wilayah kota Surakarta ini.

Pada suatu hari saya jalan-jalan ke Solo dan tujuan saya memang di sekitar areal Kraton Kasunanan Surakarta Solo, pada waktu sampai di alun-alun utara ada di sebuah pendopo yang biasa di adakan suatu pameran atau pertunjukan. 

Saya pada waktu jalan-jalan itu kebetulan masuk kedalam pendopo tersebut dan saya tertarik ke dalam melihat pameran terutama pada sejarah-sejarah pernak-pernik Kraton Kasunanan Surakarta yang sengaja di pamerkan supaya pengunjung yang berkunjung mengetahui peninggalan-peninggalan jaman sejarah masih terjaga dengan rapi dan bersih.

Kebetulan daya sempatkan masuk ke dalam pameran sejarah pernak-pernik Kraton Kasunanan Surakarta pada waktu itu di gelar setahun sekali pada waktu sekaten atau Maulud Nabi. Pada waktu saya ke dalam saya sempat poto-poto sebuah peninggalan sejarah jaman kuno yaitu sebuah Poci kuno atau orang jawa menyebutnya Teko.

Pada jaman dahulu kala konon Poci atau Teko tua yang bersejarah ini sering kali dipergunakan untuk menjamu tamu kerajaan atau tamu yang dari manca negara untuk berkunjung ke keraton pada jaman penjajahan. 

Gambar Poci Keraton Solo

Poci Kuno Kraton Kasunanan Surakarta (SOLO)
Sebelum saya poto-poto saya sempatkan untuk meminta ijin kepada penjaga setempat yang bertugas di dalam musium untuk mengawasi pengunjung. Ternyata juga ada beberapa barang peninggalan yang tidak boleh di pegang atau di potret itu di sakralkan atau di keramatkan.

Untung saja saya tidak asal poto-poto saya dengan petugas di arahkan atau diberi petunjuk di mana saja yang di perbolehkan di poto atau di potret kalau asal poto saya juga tidak tau apa yang akan terjadi itu sih udah peraturan di dalam musium karena biasanya di Kraton manapun pasti masih bayak yang di keramatkan atau di sakralkan.

Inilah sebuah pengalaman saya waktu jalan-jalan ke Kota Bengawan ini terutama jangan lupa berkunjung ke Kraton Kasunanan Surakarta yang masih banyak sejarah peninggalan yang belum kalian ketahui terutama kebudayaan-kebudayaan yang masih terjaga sampai sekarang.

Baca juga selanjutnya Tombak Pamor Kala Cakra di musium Keraton Solo

Post a Comment for "Poci Kuno Kraton Kasunanan Surakarta (SOLO)"