Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Tentang sifat Revolusi Indonesia

Tentang sifat Revolusi Indonesia  

Revolusi Indonesia sekarang bukanlah revolusi model Revolusi Perancis tahun 1789 yang menghasilkan berdirinya sebuah Republik kapitalis, tetapi juga bukan model Revolusi Rusia tahun 1917, yang telah mendirikan kediktatoran proletariat. Revolusi Indonesia mempunyai sifat yang multi-komplex, mengenai segala bidang sesuai dengan keadaan-keadaan masyarakat Indonesia pada waktu sekarang.

Dari Manifesto Politik jelas dikemukakan bahwa Revolusi Indonesia adalah ''Revolusi Nasional menentang imperialisme-kolonialisme'' jadi walaupun Revolusi Indonesia bersifat multi-komplex tetapi sifat nasional daripada Revolusi Indonesia adalah sangat menonjol.

Gambar Kekuatan Rakyat Revolusi

Tentang sifat Revolusi Indonesia

Disamping sifat nasionalnya, Revolusi Indonesia sebagaimana juga semua revolusi dizaman modern sekarang adalah revolusi demokratis. Sifat demokratis daripada Revolusi Indonesia dinyatakan oleh tugasnya menentang keterbelakangan feodal dan menentang otokrasi atau kediktatoran baik militer maupun perseorangan.

Jadi jelaslah bahwa Revolusi Indonesia bukanlah Revolusi borjuis model tahun 1789 di Perancis dan bukan pula Revolusi proletar model tahun 1917 di Rusia.; Kewajiban Revolusi Indonesia bukan mendirikan kekuasaan kaum kapitalis untuk menindas Rakyat pekerja dan bukan pula mendirikan kediktatoran kaum proletar.

Mengingat sifat Revolusi Indonesia yang nasional dan demokratis maka revolusi Indonesia adalah Revolusi bersama dari semua klas dan golongan yang menentang imperialisme-kolonialisme. Pendeknya Revolusi Indonesia harus mendirikan kekuasaan Gotong-Royong, kekuasaan demokratis yang dipimpin oleh hikmah kebijaksanaan, yang menjamin terkonsentrasinya seluruh kekuatan Nasional seluruh kekuatan Rakyat.

Baca juga selanjutnya di bawah ini :

Post a Comment for "Tentang sifat Revolusi Indonesia "