Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Isi tujuan jangka pendek dan panjang revolusi kita

Isi tujuan jangka pendek dan panjang revolusi kita 

Kenyataan ini menjadi modal kepercayaan kita untuk mampu menempuh perjuangan yang masih akan datang. Modal kepercayaan yang begini amat tinggi harganya, tak dapat dinilai dengan berlian, tak dapat dibeli dengan emas, tak dapat ditukar dengan ratna mutu manikam.

Ia, masih banyak kesulitan dihadapan kita tetapi mari kita terjang kesulitan-kesulitan itu. Bangsa lain barang kali akan mengkerut hatinya kalau melihat gunung kesulitan dihadapannya, tetapi bangsa kita tidak akan gentar, dan ia tetap mendaki terus.

Insya Allah subhanahu wa ta'ala, Bangsa kita, mengingat pengalaman-pengalaman yang sudah-sudah akan dapat menyelesaikan Revolusi ini setingkat demi setingkat, sampai tujuan yang terakhir tercapai. Tujuan jangka pendek tercapai, tujuan jangka panjangpun tercapai.

Tujuan Revolusi :

Apakah tujuan kita jangka pendek dan apa tujuan kita jangka panjang itu ? Tujuan jangka pendek yang saya hadapkan kepada saudara-saudara ialah : program Kabinet Kerja yang amat sederhana itu, sandang pangan, keamanan, melanjutkan perjuangan anti imperialisme ditambah dengan mempertahankan kepribadian kita ditengah-tengah tarikan-tarikan kekanan dan kekiri, yang sekarang sedang berlaku kepada kita dalam pergolakan dunia menuju kepada satu imbangan baru.

Tujuan jangka panjang ialah : masyarakat yang adil dan makmur, melenyapkan imperialisme dimana-mana, dan mencapai dasar-dasar bagi perdamaian dunia yang kekal dan abadi. Maka untuk menanggulangi segala masalah-masalah berhubungan dengan tujuan-tujuan jangka pendek dan jangka panjang tersebut, nyatalah kita tak dapat mempergunakan sistem yang sudah-sudah dan alat-alat (tools) yang sudah-sudah.

Sistim liberalisme harus kita buang jauh-jauh, demokrasi terpimpin dan ekonomi terpimpin harus kita tempatkan sebagai gantinya. Susunan peralatan yang ternyata tak effisien dulu itu, harus kita bongkar kita ganti dengan susunan peralatan yang baru. 

Ordening baru dan herordening baru harus kita adakan agar demokrasi terpimpin dan ekonomi terpimpin dapat berjalan. Inilah arti dan isi perkataanku mengenai ''retooling for the future'', yang tempo hari saya ucapkan dimuka Dewan Perwakilan Rakyat.

Baca juga selanjutnya di bawah ini :

Post a Comment for "Isi tujuan jangka pendek dan panjang revolusi kita"