Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Revolusi Indonesia dan Revolusi Dunia

Revolusi Indonesia dan Revolusi Dunia 

Kita adalah putra-putri Revolusi Indonesia, bahkan sebenarnya kita adalah anak-anak daripada satu Revolusi yang hebat, satu Revolusi Dunia yang maha hebat. Pada akhir abad ke-19 dan permulaan abad ke-20 mulailah timbul apa yang dinamakan ''The Awakening of Asia'', bangkitnya rakyat-rakyat Asia melawan kepada imperialisme-kolonialisme.

Di Mesir timbul gerakan nasional dibawah pimpinan Arabi Pasha, di India timbul gerakan yang dipimpin oleh pemimpin-pemimpin tua yang kemudian dilanjutkan oleh Gandhi dan Nehru, di Philipina timbul gerakan yang dipimpin oleh Jose Risal, demikian seterusnya diseluruh dunia Timur.

Gambar Revolusi Dunia

Revolusi Indonesia dan Revolusi Dunia

Semua gerakan-gerakan ini tidaklah berdiri sendiri-sendiri, bahkan sekarangpun kita berkata, bahwa kemenangan Rakyat Aljazair, kemenangan Rakyat Angola, kemenangan tiap-tiap bangsa melepaskan dirinya dari belenggu penjajahan adalah kemenangan kita sendiri.

Perjuangan kita belum selesai, perjuangan rakyat-rakyat Asia-Afrika belum selesai, bahkan Revolusi kita sekarang adalah suatu bagian daripada satu Revolusi Dunia yang meliputi 2600 juta manusia, Revolusi Manusia untuk kemerdekaan penuh, untuk masyarakat yang adil dan makmur dan untuk perdamaian dunia.

Didalam geloranya Revolusi Dunia ini, Revolusi Dunia ini, Revolusi Indonesia telah merupakan sumbangan yang penting. Revolusi kita telah menjadi pelopor dari kemerdekaan-kemerdekaan rakyat-rakyat Asia dan Afrika, pelopor kemerdekaan politik rakyat-rakyat jajahan.

Dan sekarang, Revolusi kita telah menjadi pelopor pula untuk memenuhi segala budi kemanusiaan, hati-nurani kemanusiaan, The Social Conscience of Man. Pancasila yang dahulu kita rumuskan dengan membuka mata kita serta memasang telinga kita kedelapan penjuru angin, kini kita sumbangkan ke seluruh dunia untuk membangun dunia kembali, sebagai suatu dasar pergaulan antara bangsa-bangsa didunia yang lebih baik daripada Declaration of Independence yang lahir dalam abad ke-18 atau Manifest Komunis yang lahir dalam abad ke-19, yang sudah terbukti memecah belah kemanusiaan kepada tingkat yang sangat berbahaya.

Baca juga selanjutnya di bawah ini :

Post a Comment for "Revolusi Indonesia dan Revolusi Dunia"