Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Lahirnya Panca Sila tahun 1945

Lahirnya Panca Sila  tahun 1945 

Pada pertengahan tahun 1945, pada saat-saat kita bertekad bulat untuk merealisasikan ''Indonesia merdeka sekarang'', kita telah dihadapkan kepada satu persoalan yang berat, yaitu diatas dasar apakah negara yang hendak kita dirikan harus kita letakkan, agar supaya negara kita bisa kuat, selamat serta membawa kesejahteraan bagi segenap bangsa kita.

Pada saat-saat kita sedang memikirkan persoalan Dasar Negara itu, pada saat-saat kita sangat memerlukan suatu Dasar Revolusi yang dapat menjamin tercapainya segala cita-cita dan Amanat Penderitaan Rakyat, pada saat-saat inilah tampil kemuka Pemimpin Besar Revolusi kita, Bung Karno yang mempersembahkan kepada Perjuangan Nasional kita dasar hidup dan kepribadian kita.

Gambar Bung Karno Pidato

Lahirnya Panca Sila  tahun 1945

Pancasila untuk kita jadikan Dasar Negara dan Dasar Revolusi kita, yang senyakin-nyakinnya kita percaya adalah dasar yang lebih baik, yang lebih tepat dan yang lebih benar daripada dasar lain apapun juga, bagi Negara dan Revolusi Indonesia.

Lebih dalam lagi, Lahirnya Pancasila adalah saat yang berbahagia, karena pada saat itulah Bung Karno mewujudkan isi hidup nasional dan arah hidup nasional kita. Kita berjuang berpuluh-puluh tahun bahkan beratus-ratus tahun serta mengalami pedihnya korbanan-korbanan yang kita berikan dengan seikhlas-ikhlasnya, tidaklah sekedar hanya untuk menjadi satu bangsa yang merdeka saja.

Kita ingin pula hidup untuk mengabdi kepada pembuat kita. Pengabdian kepada Tuhan Rabbulalamin berarti hidup rukun dan damai antara sesama manusia dan sesama bangsa, bekerjasama mengangkat derajad hidup kepada tingkat yang setinggi-tingginya, baik jasmaniah maupun rohaniah. 

Semua tercakup dalam Pancasila, yang menjadikan hidup kita mempunyai Levensdiepte dan Levenszin, yang menjadikan hidup nasional kita hidup yang sejati, yang menjadikan hari depan kita kebahagiaan yang sejati.

Baca juga selanjutnya di bawah ini :

Post a Comment for "Lahirnya Panca Sila tahun 1945"