Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Kabinet Ali Sastroamidjojo I

Kabinet Ali Sastroamidjojo I 

Kabinet keempat adalah kabinet yang dipimpin oleh Ali Sastroamidjojo, yang terbentuk pada tanggal 31 Juli 1953. Betapapun kabinet ini tapa dukungan Masyumi, namun Kabinet Ali ini mendapat dukungan yang sangat banyak dari berbagai partai yang diikutsertakan dalam kabinet termasuk partai baru NU. Kabinet Ali I ini dengan Wakil Perdana Menteri Mr. Wongsonegoro (Partai Indonesia Raya, PIR). Kabinet ini dikenal dengan nama kabinet Ali-Wongso.

Program kabinet adalah :

1. Dalam negeri mencakup soal keamanan, pemilihan umum, kemakmuran dan keuangan negara, perburuan dan perundang-undangan.
2. Pengembalian Irian Barat.
3. Politik luar negeri bebas aktif.

Gangguan keamanan dalam negeri masih ada, namun dalam masa ini dapat dilaksanakan Konferensi Asia Afrika I.  Konferensi Asia Afrika ini diselenggarakan di Bandung pada tanggal 18-24 April 1955. Konferensi dihadiri oleh 29 negara-negara Asia Afrika terdiri 5 negara pengundang dan 24 negara yang diundang. 

Kabinet Ali Sastroamidjojo I

KAA I itu ternyata memiliki pengaruh dan arti penting bagi solidaritas dan perjuangan kemerdekaan bangsa-bangsa Asia-Afrika dan juga membawa akibat yang lain, seperti :
a. Berkurangnya ketegangan dunia.
b. Australia dan Amerika mulai berusaha menghapuskan politik radiskriminasi di negaranya.
c. Belanda mulai repot menghadapi blok Afro-Asia di PBB, karena Belanda masih bertahan di Irian Barat.

Konferensi Asia-Afrika I ini menghasilkan beberapa kesepakatan yaitu : Basic paper on Racial Discrimination dan Basic paper on Radio Activity. Kesepakatan yang lain terkenal dengan Dasa Sila Bandung. Dengan terlaksananya Konferensi Asia-Afrika I merupakan prestasi tersendiri bagi bangsa Indonesia.

Baca juga selanjutnya di bawah ini :

Post a Comment for "Kabinet Ali Sastroamidjojo I"