Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Kedatangan Bangsa Barat dan Perubahan Jalur Perdagangan

Kedatangan Bangsa Barat dan Perubahan Jalur Perdagangan 

Coba ingat-ingat kembali, perdagangan di Laut Tengah  setelah Konstantinopel jatuh ke tangan Turki Usmani. Peristiwa jatuhnya Konstantinopel itu telah mendorong orang-orang Barat berjalan mencari jalan ke Timur. Mereka mencari jalan menuju ke Timur untuk menemukan tempat asal rempah-rempah. 

Hal itu pula yang mendorong terjadinya perubahan jalur perdagangan dari Barat ke Timur. Keinginan untuk melakukan pelayaran mencari asal rempah-rempah itu juga didorong oleh adanya penemuan dan kemajuan di bidang ilmu pengetahuan dan teknologi. 

Peta Jalur Perdangan

Kedatangan Bangsa Barat dan Perubahan Jalur Perdagangan

Pada akhir abab ke-15 setelah melepaskan diri dari ikatan istana dan dominasi gereja, terjadilah perkembangan di bidang ilmu pengetahuan dan teknologi, misalnya pandangan Copernicus. Ia mengajarkan bahwa bumi dan planet yang lain berputar mengitari matahari.

Copernicus juga mengajarkan bahwa bumi itu bulat seperti bola. Copernicus mulai mengedarkan tulisan-tulisan bahwa bumi itu bulat. Adanya pandangan bahwa bumi itu bulat, sedikit banyak akan berpengaruh terhadap kegiatan pelayaran dan perdagangan.

Mereka akan lebih bebas menentukan arah berlayar. Selain ajaran Copernicus, kisah perjalanan musafir dari Venisia, Marco polo juga mendorong kegiatan pelayaran bagi para pedagang dari Eropa. Marco Polo itu telah melakukan perjalanan menuju Cina ( 1271-1272 ). 

Perjalanan Marco Polo itu telah ditulis dalam buku  yang berjudul Imago Mundi ( keajaiban dunia ). Buku tersebut tersebar di kalangan para pelaut dan saudagar Eropa. Secara teknis, penemu kompas juga semakin mendorong untuk melakukan pelayaran dan penjelajahan samudera.

Kompas merupakan alat petunjuk arah ini sangat membantu dalam pelayaran. Teknik dan perlengkapan pelayaran juga semakin ditingkatkan. Peta atau atlas yang lebih rinci sudah di buat. Peta atau atlas yang tertua dibuat oleh Ibrahim Cresques pada tahun 1375.

Teropong bintang juga sudah dibuat. Alat-alat itu tentu sangat membantu dalam pelayaran. Dengan beberapa faktor tersebut, bangsa Eropa mulai melakukan pelayaran dan penjelajahan samudera. Sebagai perintis dalam penjelajahan samudera ini adalah orang-orang Portugis, Spayol, Inggris, dan Belanda.

Baca juga selanjutnya di bawah ini :


Post a Comment for "Kedatangan Bangsa Barat dan Perubahan Jalur Perdagangan"